Mengenal Kutu Pada Rambut Kucing

Mengenal kutu pada rambut kucing (fur mites)  Lynxacarus radovskyi
Oleh: drh. Agus Efendi.

Apakah anda memiliki seekor kucing? apakah kucing anda terlalu sering menjilati bulunya?apakah bulu kucing anda terlihat ada kotoran menempel dan tidak bisa hilang dengan walupun dimandikan? bisa jadi itu kutu.

Parasit tidak hanya ada di kulit, namun rambut juga dapat menjadi tempat tinggal parasit. Salah satunya yaitu kutu atau lebih tepatnya tungau (mites) yang tinggal dan melekat di bulu kucing (fur mites). Tungau tersebut bernama Lynxacarus radovskyi. Parasit ini dapat menyerang anjing dan kucing di daerah tropis. Lynxacarus sp memiliki ukuran yang kecil kurang dari 0,5 mm dan denga menggunakan mikroskop mudah dikenali dengan bentuk tubuh yang pipih kesamping, kaki yang pendek dan terletak di sepertiga bagian atau tubuh dan menempel di rambut inang.

Gejala yang timbul akibat ektoparasit ini yaitu :

  1. Ketidaknyamanan dan gatal (bervariasi tiap kucing) sehingga kucing terlihat sering menjilati bulu.
  2. Tungau terlihat seperti butiran merica dan garam yang menempel di rambut.Tungau yang terlihat menggunakan mikrokop sedang menempel di bulu kucing.Tungau terlihat sebagai butiran hitam yang menempel di bulu.
  3. Kerontokan rambut terutama pada kaki belakang.
  4. Kemerahan dan kerak pada kulit kaki belakang.
  5. Radang gusi (ginggivitis) kadang-kadang terjadi karena alergi terhadap tungau yang makan saat menjilati bulu.
  6. Menimbulkan hair-ball karena terlalu sering menjilati bulu.
  7. Daerah tubuh yang sering terserang yaitu pada bagian punggung sampai pinggang kucing.

Tungau rambut Lynxacarus radovskyi dapat dieliminasi dengan suntik ivermectin dibawah kulit sebanyak 3 kali dengan interval 10 – 14 hari. Selain itu, pengobatan dengan dipping dalam Lime-sufur juga efektif untuk menanggulangi infestasi tungau tersebut.

  • pdhbvet

    pdhbvet