Cara Terbaik untuk Memberikan Obat Tetes atau Salep Mata pada Anjing dan Kucing

By: drh. Cucu K. Sajuthi

Apakah Anjing dan Kucing dapat Melihat Warna?
Bagaimana Cara Terbaik untuk Memberikan Obat Tetes atau Salep Mata pada Anjing dan Kucing?

Anjing dan kucing termasuk dichromatoic species artinya mereka mampu menyerap 2 warna gelombang, yaitu biru dan hijau. Kucing ( 454 -561 nm) dan Anjing ( 429- 555 nm) Pada saat hewan kesayangan mengalami sakit mata, ada beberapa keluhan dari para pemilik hewan pada saat mengobatinya, diantaranya adalah:

  1. Tidak tahu cara /tehnik mengobatinya,
  2. Kendala menghadapi pet nya sulit dikendalikan atau tidak koperative.
  3. Kendala petnya yang menolak dipegang karena matanya sangat sakit.

Sediakan obat mata pada hewan sama seperti pada manusia, yaitu dalam bentuk tetes dan salep. Umumnya aplikasi sediaan dalam bentuk tetes lebih mudah dibandingkan dengan sediaan salep, namun pemberian dalam bentuk tetes harus lebih sering (3-5x) sehari, sedangkan salep (2-3x) sehari.

Hal ini dikarenakan sediaan dalam bentuk tetes mudah di flush out oleh air mata, sehingga efektifitas obat menjadi menurun. Sedangkan sediaan salep akan menetap lebih lama pada bola mata karena komponen dan ikatan kimia pada salep lebih sulit untuk di flush out. Hanya saja, umumnya sediaan dalam bentuk salep lebih mahal dibandingkan tetes.

Vision field atau luas lapang penglihatan mata pada anjing dan kucing dibanding dengan manusia lebih luas, sehingga jika ingin meneteskan obat mata tanpa diketahui oleh hewan kesayangan sangat sulit. Vision field anjing adalah 240- 300 º, kucing 180- 290 º, dan manusia 180 º. Cara termudah diusahakan meneteskan dari sisi blind area, untuk anjing sekitar 60 º, kucing 180 º , yang artinya meneteskan dari arah belakang kepalanya.

Gambar cara meneteskan mata

 

  • pdhbvet

    pdhbvet