Client Education Series (Gastric Dilatation Volvulus)

GASTRIC DILATATION VOLVULUS/ TORSIO LAMBUNG/BLOAT

oleh: drh. Diah Pawitri

Apakah yang di maksud dengan GDV/Bloat/torsio lambung?

Suatu keadaan dimana lambung mengembang berisi gas ( gastric dilatation) yang dapat menyebabkan shock dan kematian. GDV bisa diartikan lambung yang mengembang berisi udara dan terpuntir pada sumbu longitudinal (volvulus).

BAGAIMANA BISA TERJADI? 

Penyebab utama belum di ketahui tetapi di duga karena anjing memakan dogfood kering dalam jumlah besar kemudian meminum banyak air sehingga menyebabkan dogfood mengembang dan pada saat bersamaan hewan tersebut melakukan aktifitas berlari atau melompat sehungga menyebabkan lambung terpuntir.  Ada teori yang menyatakan lambung kehilangan ritme kontraksi reguler sehingga udara terjebak di dalamnya sehingga menyebabkan lambung terpuntir.

BAGAIMANA MENGETAHUINYA?

  1. Breed pre disposisi : pada anjing dengan dada yang dalam dan ras besar atau raksasa ( Great danes, Irish, German Shepherds, Bassett Hounds, Afgan Hounds)
  2. Lambung terlihat besar melewati tulang iga, palpasi lambung berisi udara (dari sebelah kiri)
  3. Anjing gelisah dan stress, nafas sesak .
  4. Hewan shock

 

GDV VD

GDV LR

Gambar Lambung anjing yang mengalami GDV, terlihat lambung berisi udara (Radiolucent, pneumogastric). Posisi Ventro-dorsal (gambar atas), posisi lateral (gambar bawah)

APA YANG TERJADI JIKA LAMBUNG MENGEMBANG TERISI UDARA?

Jika lambung membesar isi udara menyebabkan tekanan pada vena besar pada abdomen yang membawa darah kembali ke jantung, akibatnya adanya kekurangan dari output darah dari jantung.  Pengurangan darah pada lambung menyebabkan  jaringan akan kekurangan darah dan oxygen, jika tidak segera di tangani akan menyebabkan rupturnya dinding lambung.

Digesti juga terhenti saat terjadi sumbatan pada lambung sehingga toxin akan terakumulasi yang mengakibatkan peradangan serta terserapnya toksin ke dalam sirkulasi darah, dan terjadi DIC (disseminated intravascular coagulation)

BAGAIMANA MENYELAMATKAN KEHIDUPAN SI ANJING?

  1. Bawa segera ke dokter hewan terdekat karna shock harus segera di tangani dengan  cairan intravena
  2. Tekanan udara dalam lambung harus segera di keluarkan, dokter akan memasukan stomach tube dari mulut ke lambung atau menusukkan jarum besar dari kulit luar ke lambung.
  3. Operasi pengembalian posisi lambung, dan gastropexy ( menggantungkan lambung ke dinding perut agar kejadian ini tidak terulang)
  • pdhbvet

    pdhbvet