ULASAN SEMINAR DAN WORKSHOP BASIC OPTHALMOLOGY DI VIETNAM 22-23 MARET 2013

ULASAN SEMINAR DAN WORKSHOP BASIC OPTHALMOLOGY
DI VIETNAM 22-23 MARET 2013

 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam  pemeriksaan dan pengenalan penyakit mata (Opthalmology). Asosiasi kedokteran Vietnam, Vietnam Small Animal Veterinary Association (VSAVA), yang di ketuai oleh Dr. Huynh Thi Thanh Ngoc mengundang drh Cucu K Sajuthi sebagai pembicara dan mentor untuk seminar dan workshop basic ophthalmology di Vietnam.

basic_opthalmology_vietnam1Seminar Opthalmology

Gambar 1. Drh Cucu, saat Memberikan Presentasi

Kegiatan ini diadakan  di kampus kedokteran hewan universitas Nong Lam, yang terletak di kota Ho Chi Minh, salah satu kota besar di Vietnam yang terletak dekat delta sungai Mekong. Acara yang berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 22- 23 Maret 2013 ini diisi dengan kuliah mengenai anatomi, fisologi, penyakit pada mata dan beberapa teori operasi mata pada hari pertama dan pada hari kedua dilanjutkan dengan workshop  pemeriksaan mata dan teknik operasi.

Seminar dan workshop ini diselenggarakan dalam dua bahasa. Drh. Cucu menyampaikan kuliah dalam bahasa Inggris dan selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam yang pada kesempatan kali ini, dosen anatomi, fakultas kedokteran hewan Nonglam  berperan sebagai penterjemah.

basic_opthalmology_vietnam2

Gambar 2. Pemeriksaan Mata yang dilakukan pada Anjing French Bulldog

Acara seminar dan workshop yang diketuai oleh ThS. Trinh Thi Cam Van  yang juga merupakan wakil ketua VSAVA dapat dikatakan cukup sukses. Peserta tampak sangat antusias hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dan hasil evaluasi dari peserta yang menginkan agar diadakan kursus lanjutan. Pada kesempatan ini jumlah peserta sengaja dibatasi, hanya berjumlah 20 orang sehingga proses pembelajaran bisa lebih fokus.

basic_opthalmology_vietnam3

Gambar 3. Diskusi Bersama

basic_opthalmology_vietnam4

Gambar 4. Pemberian Sertifikat kepada Para Peserta


Gambar 5. Foto Bersama Seluruh Peserta dan Panitia

  • pdhbvet

    pdhbvet