Bagaimana Cara Membersihkan Gigi Anjing dan Mencegah Bau Mulut Pada Anjing?

Bagaimana Cara Membersihkan Gigi Anjing dan Mencegah Bau Mulut Pada Anjing?? Apa yang Terjadi jika Gigi Tidak dibersihkan??

Teeth Cleaning adalah pembersihan karang/plak pada gigi agar terhindar dari kerusakan. Kerusakan yang terjadi disebabkan karena makanan yang dimakan akan menempel pada gigi dan lama kelamaan akan menumpuk sehingga terbentuk karang/plak dan bau mulut.

Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan gigi anjing, diantaranya adalah:

  1. Mengguanakan sikat dan pasta gigi anjing secara rutin
  2. Memberikan tulang-tulangan
  3. Memberikan dog food kering dan snack pembersih gigi secara rutin (jika dilakukan sejak dini dapat mencegah resiko terbentuknya karang gigi sampai dengan 70%)
  4. Teeth Cleaning à merupakan pilihan terbaik yang dapat dilakukan untuk mengikis dan membersihkan gigi terutama untuk anjing-anjing dengan karang gigi yang sangat tebal. Proses teeth cleaning pada anjing harus dilakukan dengan pembiusan (anastesi)

Karang/plak pada gigi dapat menimbulkan masalah pada anjing peliharaan, diantaranya:

  1. Bau mulut yang tidak sedap, yang lama kelamaan terasa seperti menyebar ke seluruh tubuh anjing.
  2. Karang gigi dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan kesakitan pada gigi, abses, keropos gigi dan gigi tanggal. Bila hal tersebut terjadi, maka anjing menjadi kurang nafsu bahkan sampai tidak mau makan.
  3. Bakteri dan jamur dapat menempel pada gigi yang kemudian dapat masuk ke dalam saluran pernafasan dan sinus sehingga anjing akan mengalami gangguan pernafasan (dengan gejala seperti bersin dan pilek yang tidak sembuh-sembuh)

*Karang gigi pada anjing

  • pdhbvet

    pdhbvet