Amputasi pergelangan kaki depan Bearded dragon (Pogona vitticeps)

PDHB24 Alam Sutera, Serpong. 24 April 2013

Seekor Bearded dragon (Pogona vitticeps) dibawa pemilik untuk konsultasi dengan keluhan kerusakan pada telapak kaki depan kanan.  Nafsu makan dan tingkah laku pasien normal.

Pemeriksaan fisik pada telapak kaki kanan depan pasien, tampak warna kulit berubah kehitaman, jari pertama dan kedua hilang dan jari ke tiga mengalami nekrosis (kematian jaringan).  Tindakan amputasi disarankan untuk pasien ini.

Pasien dipersiapkan untuk operasi amputasi.  Anestesi regional di sekitar daerah amputasi diberikan dengan suntikan Lignociane di beberapa titik.  Daerah insisi disterilkan  dengan Povidone Iodine dan Alkohol 70%.  Pangkal kaki depan diikat sementara untuk membendung aliran darah yang berlebihan di daerah pemotongan.

Pemotongan dilakukan di pergelangan lengan dengan scalpel #10 dan pembuluh darah yang terbuka di-ligasi dengan benang absorbable ukuran 3.0.

Jahitan simple interrupted dengan benang non-absorbable ukuran 3.0 dilakukan untuk menutup daerah amputasi.  Luka dibersihkan dengan Povidone Iodine sebelum diberi salep kombinasi (Peru balsam, omega 3, omega 6, dan antibiotika) dan ditutup dengan kain kasa.

Enrofloxacin per oral kombinasi dengan multivitamin diresepkan untuk satu minggu untuk mengantisipasi infeksi sekunder.

Pemilik disarankan untuk datang kembali untuk re-check seminggu setelah operasi.  Pembukaan jahitan kulit direncanakan dilakukan 2 minggu setelah operasi, tergantung dari kesembuhan luka.

Bearded dragon (Pogona vitticeps) berasal dari daerah gurun dan hutan di bagian tengah benua Australia.  Reptilia ini merupakan salah satu jenis binatang eksotik yang kerap dipelihara oleh para hobiis reptil.  Diet yang dibutuhkan Bearded dragon berupa sayur-sayuran (terutama sayuran hijau), buah-buahan (non jeruk), dan serangga.  Bearded dragon muda membutuhkan pakan serangga lebih banyak dibandingkan Bearded dragon dewasa.

Pemelihara Bearded dragon agar memperhatikan jenis alas kandang (mis: hindari alas kandang dari ‘kawat ayam’) untuk menghindari kejadian serupa dengan pasien ini.

PDHB24 (Sunter, Green Garden, dan Alam Sutera) menyediakan layanan konsultasi dan operasi pada pasien hewan eksotik (mis: Bearded dragon, kura-kura, ular, kelinci, guinea pig, hamster, dll).  Hubungi salah satu dari klinik kami untuk keterangan lebih lanjut mengenai jadwal praktek dokter hewan yang menangani pasien-pasien hewan peliharaan eksotik.

 

Bearded dragon

  • pdhbvet

    pdhbvet